Setahun

Rasanya waktu berlalu begitu cepat dan udah setahun lebih gua putus dari dia. Meski begitu rasa gua ke dia masih lah sama, gua pun nggak mencoba buat nyari pengganti dia sampai detik ini. Aneh ya? Atau mungkin gila? Entah, gua pun nggak paham sama diri gua sendiri.


Sebenernya gua pengen cerita, gua pengen berbagi apa-apa yang gua rasain ke orang terdekat gua, tapi pasti mereka akan menatap gua dengan tatapan aneh. Gua nggak mengada-ada, nggak lagi berprasangka tapi memang pernah terjadi dan itu momen yang ngebuat gua sekarang jadi males buat cerita ke siapa-siapa.


Kecuali ada satu orang, dia bener-bener berusaha menjadi pendengar yang baik buat gua. Ya, orang itu pernah gua bahas di sini sebelumnya.


Kalo boleh membela diri, ada banyak alasan yang ngebuat gua susah move on dari dia. Gua pacaran sama dia sederhana aja, nggak pernah kaya ke tempat yang berkesan banget gitu atau liburan bareng dan lain sebagainya seperti percintaan dua insan di media sosial. Sangat sederhana, ketika gua ada waktu gua akan kerumah dia, kemudian kita muter-muter nyari jajanan dan pulang, udah sesimpel itu aja.


Tapi ternyata yang kaya gitu bisa membekas juga di hati dan susah buat gua lupain sampe sekarang ini. Kalo boleh jujur dibanding dulu waktu putus, gua yang sekarang jauh lebih bisa menerima. Gua yang sekarang jauh lebih bisa tegar, terlebih ketika gua menerima kenyataan bahwa dia sempat punya pengganti gua.


Ya, sempat. Ini cuma dugaan gua aja, tapi kayanya dia udah putus sama orang itu, entah alasannya apa tapi dia nulis "ternyata emang lebih enak sendiri, BEBAS" di story instagramnya. Di satu sisi gua lega karena dia kembali sendiri saat ini, tapi di sisi lain gua tetep aja masih di posisi yang sama. Gua masih jadi orang lain dan nggak akan berani melangkah mendekati dia lagi.


Untuk saat ini gua emang masih susah move on dari dia, tapi jujur aja setahun sendiri dengan rasa sakit ngga ngebuat gua nikmatin itu. Sempet beberapa kali kepikiran buat cari penggantinya, tapi gua mikir lagi dan gua nggak mau nyakitin hati orang lain. 


Gua nggak mau ada di posisi masih belum selesai dengan masa lalu tapi maksain buat jalin hubungan baru. Udah pasti itu bakalan nyakitin hati perempuan yang lagi gua dekatin nantinya, gua nggak mau.


Sebuah Foto


Di tengah-tengah gua yang saat ini merasa udah baik-baik aja. Gua yang udah merasa bisa bangkit lagi karena ada sosok sahabat dan juga puisi-puisi sedih itu nggak tercipta lagi, sebuah foto kembali maksa gua untuk muter kenangan di masa lalu. Ya, itu foto dia.


Foto itu berasal dari tahun 2016 lalu, ketika gua meminta dia untuk berfoto di acara pernikahan kakaknya. Foto dia yang sedang mengenakan kebaya cukup menyihir gua saat itu. Dia cantik, dia manis, tapi dia udah bukan milik gua saat ini.


Jujur beberapa waktu lalu gua sempet kepikiran sama foto itu, gua masih simpen tapi lupa naronya dimana. Sekian lama berlalu akhirnya foto itu justru ditemuin sama orang tua gua dan foto itu udah tergeletak di sisi tempat tidur gua ketika gua lagi capek-capeknya pulang kerja. 


Setelah gua ngerasa kalo udah baik-baik aja, setelah gua ngerasa yakin udah bisa jalanin ini semua tanpa dia, ternyata gua masih aja jadi orang yang sama. Terlebih lagi kini gua kembali kalah, gua kembali rapuh dengan hanya ngeliat selembar foto usang dia. Ya, gua yang katanya udah tegar ternyata masih serapuh itu.


Sebuah foto dia kembali menarik gua ke masa lalu. Gua kalah. Nyatanya gua nggak pernah menang dan masa lalu gua belum selesai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkenalan

Bestie

Mimpi Setan